Kuis 1 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja B

Nama : Kevin Nathanael Halim

NRP : 5025211140

Kelas : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja B

Tahun Ajaran : 2023/2024 (Semester Gasal)

 

1.    Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

Framework atau yang biasa dikenal dengan kerangka kerja adalah istilah untuk sebuah struktur kerja yang disediakan dalam pengembangan perangkat lunak untuk mempermudah kinerja developer dalam mengembangkan suatu aplikasi berbasis website maupun desktop dengan lebih terstruktur dan rapi. Framework sendiri merupakan istilah yang sering muncul dalam dunia developer karena kegunaan dan fungsinya yang memang sudah sangat membantu developer sejak kehadirannya. Sebagai contoh, dengan adanya framework, developer tidak perlu untuk menuliskan kode secara berulang-ulang karena tinggal menggunakan komponen yang sudah disediakan oleh kerangka kerja yang dipakai.

                Untuk kegunaan framework dalam pengembangan perangkat lunak sendiri bermacam-macam, antara lain sebagai berikut,

-          Penggunaan framework membuat kode program lebih terstruktur karena semua program dimasukkan ke dalam komponen-komponen spesifik sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Contohnya sendiri bisa dilihat dalam penggunaan paradigma atau arsitektur MVC (Model, View, Controller) dalam framework Laravel yang masing-masing komponennya memiliki fungsi spesifik masing-masing.

-          Penggunaan framework juga sangat membantu kinerja developer dalam segi efisiensi waktu dan sumber daya yang diperlukan, khususnya di lingkup proyek yang besar. Selain karena tidak perlu menuliskan kode secara berulang seperti yang sudah disebutkan di atas, framework juga mempermudah agar setiap orang dalam tim dapat langsung memahami serta mengerjakan tugas masing-masing tanpa perlu mengecek satu persatu terkait komponen yang ada dari segi Front-end maupun Back-end.

-          Pengunaan framework tentu mempercepat proses pembuatan perangkat lunak / website dan dengan kualitas yang jauh lebih baik sehingga menghasilkan sebuah produk yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan client. Hal ini dikarenakan developer bisa langsung memanfaatkan komponen-komponen yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh para ahli pembuat framework tersebut sehingga tidak perlu untuk menyusun kode dari awal yang tentunya akan mempercepat pekerjaan developer.

-          Penggunaan framework juga dapat meningkatkan keamanan perangkat lunak / website karena framework dalam pembuatannya tentu telah diidentifikasi oleh beberapa developer ahli dari berbagai negara yang menjamin kualitasnya. Selain itu, framework juga memiliki beberapa versi yang setiap saat akan diperbaharui fiturnya serta diatasi untuk bug-bug yang ada. Akibatnya, keamanan tentu akan selalu dimonitoring agar tidak terjadi permasalahan serius pada perangkat lunak ataupun website yang dibuat oleh para developer dengan framework buatan mereka.

-          Pengunaan framework pun bisa mempermudah pemeliharaan serta dokumentasi dari website karena untuk menambah atau mengurangi beberapa fitur menjadi lebih mudah dengan bantuan framework. Versi website juga sangat mudah diubah dan dokumentasi pun lebih terstruktur serta tidak merepotkan.

 

2.      Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.

Dalam pembuatan suatu aplikasi, khususnya dalam framework .NET, kita sebagai developer dapat memilih metode implementasi yang ingin digunakan. Pertimbangannya sendiri tentu berasal dari jenis serta spesifikasi sistem dari aplikasi yang ingin kita buat karena setiap metode implementasi mempunyai keunggulan masing-masing yang tidak dapat disaingi oleh metode implementasi lainnya. Agar lebih jelas, berikut perbedaan antara ketiga metode implementasi yang ditanyakan,

-          WinForm (Window Forms) merupakan sebuah platform pengembangan desktop Windows yang telah ada sejak lama dan berfokus pada perangkat lunak Windows. WinForm lebih cocok digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop dengan tingkat sederhana hingga menengah dengan keunggulan utama yakni kecepatan dalam prototyping dan pengembangan aplikasi yang menggunakan WinForm.

-          WPF (Windows Presentation Foundation) merupakan sebuah platform pengembangan aplikasi desktop juga, tetapi dengan design antarmuka yang lebih fleksibel dan kaya dalam segi pemilihan jenis. Berlawanan dengan WinForm, WPF ini lebih cocok digunakan untuk membangun aplikasi desktop yang memiliki tampilan antarmuka kompleks dan kaya dengan keunggulan memberikan pengalaman pengguna yang kaya dan tampilan antarmuka yang kreatif serta modern.

-          UWP (Universal Windows Platform) merupakan sebuah platform pengembangan aplikasi Windows modern yang dirancang untuk dapat berjalan di berbagai tipe device termasuk desktop, tablet, maupun handphone. UWP cocok digunakan untuk pembuatan aplikasi yang memang ditujukan untuk multi-device type atau yang dapat mencakup berbagai jenis perangkat karena dapat membuat desain antarmuka yang terlihat bagus walau diakses dari jenis device apapun. Keunggulannya dalam segi universality dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

 

3.      Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP

Untuk aplikasi-aplikasi yang pernah saya buat untuk tugas mengenai WinForm, WPF, dan UWP sendiri sebagai berikut,

-          WinForm :

Tugas-tugas yang dibuat dengan WinForm adalah tugas membuat aplikasi desktop yang terbilang simpel sesuai dengan fungsinya yakni sebagai berikut,

1)      Tugas membuat aplikasi kalkulator sederhana yang saya agak improvisasi sehingga bukan lagi kalkulator sederhana tetapi sudah menyerupai kalkulator yang tersedia pada handphone-handphone saat ini

Screenshot :

             

Link Tugas : https://kevnh-pbkk.blogspot.com/2023/09/tugas-1-pemrograman-berbasis-kerangka.html

 

2)      Tugas membuat aplikasi untuk menampilkan dan melakukan screenshot terhadap webcam. Screenshot kemudian dapat disimpan ke dalam storage desktop.

 

Screenshot :


Link Tugas : https://kevnh-pbkk.blogspot.com/2023/09/tugas-2-pemrograman-berbasis-kerangka.html

 

-          WPF :

Terkait tugas yang dibuat dengan WPF sendiri adalah tugas sepaket berisi 2 untuk membuat aplikasi yang memiliki antarmuka cukup kompleks yakni sebagai berikut,

 

1)      Tugas mengimplementasikan sebuah aplikasi list nama yang cukup sederhana untuk familiarisasi dengan WPF.

Screenshot :


2)      Tugas membuat sebuah dashboard aplikasi dengan desain antarmuka yang kaya dan rapi yang tentunya memanfaatkan kegunaan dari WPF secara penuh.

Screenshot :

Link Tugas :

https://kevnh-pbkk.blogspot.com/2023/09/tugas-3-pemrograman-berbasis-kerangka.html

 

-          UWP :

Tugas yang dibuat menggunakan UWP sendiri sesuai fungsinya adalah untuk membuat aplikasi koleksi foto yang universal dan fleksibel dengan fitur serta tampilan modern. 

Screenshot :


Link Tugas :

https://kevnh-pbkk.blogspot.com/2023/09/tugas-4-pemrograman-berbasis-kerangka.html

 

4.     Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..

Aplikasi Rich UI merujuk pada aplikasi yang memiliki tampilan antarmuka pengguna yang kaya dan menarik, dengan elemen desain seperti grafik, animasi, transisi yang halus, dan tampilan yang estetis. Aplikasi ini tentu dapat menciptakan pengalaman pengguna yang kaya dengan memadukan fungsionalitas aplikasi dengan estetika desain antarmuka.

Untuk Aplikasi yang akan saya buat adalah aplikasi cuaca, berikut kurang lebihnya dari desain yang akan saya gunakan,




   Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

            

Comments