Tugas 1 Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (Calculator App with .NET and C#)

Nama : Kevin Nathanael Halim

NRP : 5025211140

Kelas : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja B

Tahun Ajaran : 2023/2024 (Semester Gasal)


Link Github Repository https://github.com/zetsux/csharp-calculator-app


Penjelasan : 

    Tugas pertama dari mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja untuk melakukan install dan familiarisasi dengan framework .NET serta bahasa pemrograman C#. Ini merupakan pengalaman pertama saya berinteraksi dengan kedua tools tersebut sehingga saya agak kesulitan di awal. Akan tetapi, bahasa C# bagi saya pribadi terasa agak mirip dengan bahasa Java sehingga tidak sulit bagi saya untuk beradaptasi. Framework .NET sendiri juga cukup membantu mempermudah pembuatan aplikasi desktop.

    Sebenarnya, tugas yang diberikan adalah untuk membuat apapun selama bisa membantu untuk familiarisasi dengan framework dan bahasa baru yang akan banyak digunakan pada kesempatan selanjutnya tersebut. Tetapi, saya agak terlalu keasyikkan dengan hal baru ini sehingga saya memutuskan untuk agak mengeksplorasi dengan membuat kalkulator yang agak nyata dan bukan hanya simple calculator seperti yang dicontohkan.

    Kalkulator yang saya buat sendiri terdiri dari disabled textbox di atas untuk menampilkan angka dengan beberapa tombol di bawahnya. Tombol-tombol yang tersedia antara lain tombol angka 0 - 9, + untuk penjumlahan, - untuk pengurangan, ÷ untuk pembagian, × untuk perkalian, koma untuk desimal, tombol  untuk menghapus karakter terakhir, tombol C untuk melakukan clear (menghapus semuanya), dan tombol = untuk melakukan perhitungan.


Dokumentasi : 








Comments